Jumat, 11 Mei 2012

Mau Nikah Tapi Ragu Tentang Keobjektifan Informasi Calonnya?

Pertanyaan
assalaamu’alaikum
mohon pandangan ustadz,
saya akan menikah dengan seorang lelaki yang sudah saya siasat dan teliti agama dan manhajnya. dan alhamdulillah, ciri-ciri di atas tidak ada pada lelaki tersebut.
namun saya sedikit khawatir , kalau mereka yang saya sudah tanyakan ttg calon suami saya ini tidak memberikan maklumat yang benar. maksud saya, mereka hanya kabarkan pada saya tentang kebaikan yang ada pada lelaki tersebut namun saya tidak mendapatkan kabar yang buruk tentang lelaki tersebut.
justru saya sedikit ragu untuk lanjutkan dengan pernikahan, karena saya takut kecewa apabila mendapati selepas pernikahan, ciri-ciri yang baik yang telah dikabarkan kepada saya ternyata tidak ada pada lelaki tersebut. namun, saya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menyelidiki latar belakang lelaki tersebut akan tetapi perkara tersebut bukan sesuatu yang mudah karena faktor jarak yang jauh antara saya dan pihak lelaki.
apakah saya perlu redha dengan setiap kekurangan dan kelemahan suami saya nanti selepas pernikahan? apakah kehidupan berumah tangga itu cukup sulit jika pasangan kita tidak baik?
jazaakumullahu khairan
Jawabannya
Dijawab oleh Abu Ibrahim Abdullah Bin Mudakir
wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh, ada beberapahal yang ingin kami sampaikan tentang apa yang saudari tanyakan.
Yang pertama : Saudari jangan lupa untuk memperbanyak berdoa kepada Allah agar diberi yangterbaik
Kedua : Cari tahu lebih lanjut tentang keadaan agama, manhaj, akhlaknya dan fisik seseorang yang akan saudari nikahi
Ketiga : Coba saudari menilai sejauh mana keobjektifan pemberi informasi saudari, saudari bisa membaca artikel dengan judul “Sebelum Anda Melangkah” untuk menambah wawasan saudari tentang maslah ini. http://nikahmudayuk.wordpress.com/2011/05/05/sebelum-anda-melangkah/#more-360)
Keempat : Jika saudari menduga dengan dugaan yang besar (bukan hanya was-was) bahwa sumber informasi saudari kurang objekif, saudari bisa tanya kepada yang lain yang mengetahui keadaan calon saudari
Kelima : Kriteria yang diinginkan seseorang pada calonnya berbeda-beda dan bisa diklasifikasikan menjadi dua kriteria, 1. Kriteria yang jika tidak ada pada diri seseorang yang ia akan nikahi maka ia tidak akan bahagia jika menikah dengan orang tersebut, maka jangan memaksakan diri untk menikah dengan orang seperti ini, karena hal ini akan membuat seseorang sengsara di kehidupan rumah tangganya. 2. kriteria pendukung, yaitu jika tidak ada kriteria ini diapun bisa bahagia jika menikah dengannya, jika ada maka lebih membuat kehidupannya secara sebab bisa lebih bahagia. Maka dari sini (dari kalisifikasi ini) saudari bisa menjawab pertanyaan terakhir saudari  sendiri wallahu a’lam bisshawwab

di kutip dari : 

Nikah Muda Yuk…

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ka'bah Night | powered by Blogger | created from Minima retouched by ics - id