Selasa, 05 Juni 2012

Buah Sirsak Si Manis Asem Multi Manfaat


Tahu kan buah sirsak, salah satu jenis buah dari berbagai macam buah yang ada dimuka bumi ini. Rasanya manis asem, seperti buah apa ya, ya pokoknya manis asemnya khas buah sirsak. Warna kulit buahnya hijau disaat masih mentah, tapi kalau dah mateng ya agak hijau kekuning-kuningan. Di bagian kulit ada duri-durinya, tapi jangan dibayangkan duri-durinya seperti duri pada buah durian ya, beda banget, bedanya kalau duri pada buah durian kalau kena kulit bisa menyebabkan tergores dan terluka karena tajam dan runcingnya, tapi kalau duri pada buah sirsak nggak sampai menyebabkan luka seperti itu.
Dinegeri kita ini (indonesia maksudnya) buah ini dah umum dengan nama buah sirsak, dan kalaupun ada nama yang berbeda hanya dibeberapa daerah aja, seperti buah sirsak kalau didaerah kelahiran saya namanya buah serengkayo, didaerah lain mungkin beda lagi. Nama latinnya adalah Annona muricata L, pelajaran biologi nih. Setelah air, kandungan gizi yang terbanyak pada buah sirsak ini adalah karbohidrat dan salah satu jenis karbohidrat yang ada pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa), dan buah sirsak ini sangat sedikit sekali mengandung lemak, sehingga nggak perlu khawatir dengan kegemukan banyak makan buah yang satu ini. Sedangkan untuk vitamin, maka vitamin yang paling dominan pada buah ini adalah vitamin C, jadi untuk asupan vitamin C, anda bisa menkomsumsi daging buah sirsak ini. O ya satu lagi yang penting bahwa buah sirsak merupakan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan alias tetap awet mudah. Dan kandungan-kandungan lain yang bermanfaat tentunya.
Berbagai manfaat dari buah sirsak antara lain sebagai obat batu empedu, anti sembelit, asam urat, dan meningkatkan nafsu makan. tapi bagi saya manfaat minimalnya adalah bisa memanjakan lidah dengan rasa asem manisnya tersebut. Dan beberapa universitas telah membuktikan beberapa hal tentang buah ini, antara lain bisa menyerang sel kanker dengan aman dan efektif, melindungi sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi yang mematikan, meningkatkan energi dan penampilan fisik yang membaik, membunuh sel jahat dari 12 tipe kanker yang berbeda, antara lain kanker usus besar, kanker payudara, prostat, paru-paru dan pankreas, kemudian daya kerjanya 10.000 lebih kuat dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dengan adriamycin dan terapi kemo yang biasa digunakan, dan satu lagi yang penting adalah buah sirsak tidak seperti kemo, sari buah ini secara selektif hanya membunuh sel-sel yang jahat dan tidak membahayakan sel-sel yang sehat.
Mungkin itu dulu ya tentang buah sirsak, insya Allah nanti kita tambahkan resep-resep pengobatan yang bisa dilakukan dengan buah sirsak ini.

Sumber: http://herbalsehati.com/

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ka'bah Night | powered by Blogger | created from Minima retouched by ics - id